Senin, 23 April 2012

Prestasi Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila di Kancah Internasional

Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila, dalam usianya yang relative muda, telah menunjukkan kiprahnya dalam kancah keilmuan pariwisata internasional. Desember 2011 lalu Devi Roza Kausar, PhD, dosen yang saat ini menjabat Wakil Dekan I bidang akademik turut dalam konferensi internasional World Research Summit for Tourism and Hospitality di Hongkong Polytechnic University. Tidak sebagai peserta, Devi demikian dosen muda ramah ini diterima sebagai pembicara dalam ajang bergengsi para akademisi tingkat dunia tersebut.

Makalah yang dibawakannya berjudul ‘How travelling promotes understanding toward culture and lifestyles: Comparisons between different types of package tours from Indonesia to Japan’. Paper akademis yang dibawakannya adalah hasil penelitian yang dilakukan selama delapan bulan di Indonesia dan Jepang melalui dana hibah penelitian dari Sumitomo Foundation. Menurut Mr. Sakakibara, perwakilan Yayasan Sumitomo Jepang, saat melakukan sosialisasi Hibah Penelitian Sumitomo di Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila Juli 2011 lalu, tiap tahun hibah penelitian bergengsi ini diperebutkan oleh ratusan peneliti dari beberapa negara di Asia.

Tidak berhenti disitu, empat bulan kemudian kiprah dosen muda ini terus berlanjut.Tulisannya termuat dalam buku ‘Visions for Global Tourism Industry - Creating and Sustaining Competitive Strategies’ terbitan InTech Croasia. Dalam buku setebal 490 halaman ini Devi menyumbangkan tulisan Sustainability in the Management of World Cultural Heritage. Semoga kiprahnya terus berlanjut, tidak hanya memajukan program studi Manajemen Destinasi Pariwisata pada Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila tetapi membawa nama akademisi pariwisata Indonesia ke kiprah internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar